Perkembangan
ilmu dan teknologi merupakan salah satu produksi dari manusia yang terdidik,
dan pada gilirannya manusia-manusia itu perlu lebih mendalami dan mampu
mengambil manfaat dan bukan menjadi korban dari perkembangan ilmu dan teknologi
sendiri. Mendalami serta mengambil manfaat dari perkembangan ilmu dan teknologi
tidak mungkin dilakukan oleh semua manusia dengan kadar waktu yang sama.
Keterbatasan manusia dan waktu menuntut adanya spesialisasi yang semakin
mendalam.
Pembelajaran
dewasa ini menghadapi dua tantangan, tantangan yang pertama datang dari adanya
perubahan persepsi tentang belajar itu sendiri dan tantangan yang kedua datang
dari adanya teknologi informasi dan telekomunikasi yang memperlihatkan perkembangan
yang luar biasa. Konstruktivisme pada dasarnya telah menjawab tantangan yang
pertama dengan meredefinisi belajar sebagai proses konstruktif di mana
informasi diubah menjadi pengetahuan melalui proses interpretasi,
korespondensi, representasi, dan elaborasi. Sementara itu, kemajuan teknologi
informasi dan telekomunikasi yang begitu pesat yang menawarkan berbagai
kemudahan-kemudahan baru dalam pembelajaran memungkinkan terjadinya pergeseran
orientasi belajar pada masyarakat.
Blog sebagai salah satu layanan aplikasi dari internet dapat
dimanfaatkan oleh pengajar dan pebelajar sebagai sumber belajar yang tidak
terbatas. Pengajar dapat meng-upload semua informasi yang berkaitan dengan
materi pembelajaran yang diajarkan dengan menambahkan multimedia (gambar,
animasi, efek suara dan video) agar menarik dan lebih mudah dipelajari. Dilihat
dari pihak lain, pebelajar dapat men-download informasi yang sesuai dengan
topik dan tujuan yang diinginkan.Penggunaan Blog sebagai sebagai media
pembelajaran sekaligus sebagai sumber belajar sedikitnya akan mengubah cara
belajar dan teknik pembelajaran agar tidak monoton sehingga dapat memotivasi
pebelajar dalam mempelajari sesuatu.
A. Pengertian Blog dan Media
Pembelajaran
Blog berasal dari kata Web dan Log (WEBLOG)
yang berarti catatan online (yang berada di web). Pengertian yang lebih
lengkap, blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi
bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara
online baik untuk umum maupun pribadi.
Blog singkatan dari web log adalah situs berisi
informasi yang dipublikasikan
di World Wide Web, yakni sistem dokumen hypertext (teks yang merujuk pada
teks lainnya) yang saling terkait dan bisa diakses melalui intenet.
Secara bahasa (Inggris), web
artinya jaringan; blog
artinya buku harian atau catatan. Dengan demikian, blog bisa dikatakan
sebagai catatan harian yang tersaji secara online (online diary), yaitu catatan
pribadi seorang blogger (pemilik blog) tentang apa saja yang ia alami, rasakan,
dan ketahui.
A blog is a type of website that is
usually arranged in chronological order from the most recent ‘post’ (or entry)
at the top of the main page to the older entries towards the bottom.
Dari beberapa definisi di
atas dapat di simpulkan bahwa blog adalah salah satu media online yang di akses
dengan internet dan media yang bisa dilihat oleh pembuat blog itu sendiri
maupun orang lain. Yang membagikan informasi penting dan terbaru kepada
pembaca.
Sedangkan, media adalah
bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya
tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran di sekolah pada
khususnya.
Kata media berasal dari bahasa Latin medius yang secara harfiah berarti
‘tengah’, ‘perantara’ atau ‘pengantar’. Dalam bahasa Arab, media adalah
perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Apabila
media itu membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau
mengandung maksud-maksud pengajaran maka media itu disebut Media Pembelajaran.
Jadi, dapat di simpulkan bahwa blog merupakan salah satu media
pembelajaran yang dapat membantu pendidik maupun peserta didik untuk
mendapatkan informasi yang lebih terbaru dan dapat di jadikan sebagai refrensi
lain dalam proses belajar mengajar.
B. Jenis-jenis Blog
Secara garis
besar, blog bisa di kelompokkan menjadi 2 kategori yakni berdasarkan platform
(tempat blog di jalankan) dan content (isi blog). Berikut ini secara
eksplisit di jelaskan tentang jenis-jenis blog.
1.
Jenis blog
berdasarkan platform (tempat blog di jalankan)
Pada bagian ini, jenis blog berdasarkan platform di bagi menjadi lima, di antaranya:
a. Blog gratis
(free blog)
Blog gratis adalah jenis blog yang paling populer sampai saat ini. Blog jenis ini adalah blog
yang di buat dengan menggunakan pihak ketiga sebagai penyedia blog.
Ciri utama blog gratis adalah ada embel-embel penyedia
layanan blog gratis seperti blogger/blogspot, wordpress, thumblr, dan
sebagainya di belakang domainnya.
Seperti penafatrin.blogspot.com (nama domain
blog ini sebelum jadi dot com) . domain seperti itu yang memiliki embel-embel di belakangnya juga
di sebut Second Level Domain (SLD).
b. Self-hosting
blog
Sesuai namanya yang berarti self (sendiri) dan hosting (ruang tempat data blog
di simpan), self-hosting blog adalah jenis blog mandiri. Blog ini sudah tidak
terikat dengan pihak penyedia layanan gratis. Mereka memiliki nama domain (nama
blog) sendiri. Seperti www.tokoasmanadia.com domain
dengan nama sendiri ini disebut juga Top Level Domain (TLD).
Mereka juga menyewa space (ruang) sendiri untuk blog
mereka agar bisa di akses yang disebut dengan hosting. Kalau blog gratis, ruang
itu sudah di sediakan oleh penyedia blog gratisnya sehingga anda tidak perlu
repot-repot menyewa jasa hosting lagi.
Harga sewa domain dan hosting juga cukup beragam
tergantung penyedianya. Berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah perbulannya.
Meskipun begitu, blog jenis ini masih
menggunakan Content Management System (CMS) gratis seperti Wordpress, Joomla ataupun Drupal.
c. Micro blog
Micro blog adalah aktifitas ngeblog yang di lakukan
dengan jumlah teks atau tulisan yang terbatas, dibawah 200 karakter. Lebih di
kenal dengan sebutan microblogging.
Situs-situs microblogging ini antara lain twitter,
linkedIn, facebook ataupun MySpace. Pada situs-situs tersebut jumlah teksnya
selalu di batasi bukan?
Namun khusus pengguna facebook memungkinkan untuk
menulis lebih dari 200 karakter di tambah dengan fasilitas facebook note yang
fungsinya kurang lebih sama dengan blog.
d. Blog
Perusahaan (Corporate Blog)
Blog perusahaan atau corporate blog adalah jenis blog
yang terintegrasi dalam website suatu perusahaan ataupun lembaga. Mudahnya,
blog perusahaan adalah jenis blog di dalam website.
Website perusahaan biasanya menampilkan profil
perusahaan, produk atau jasa yang ditawarkan, alamat dan kontak yang bisa di
hubungi serta informasi penting terkait perusahaan.
Namun biasanya dalam website tersebut disediakan URL
khususuntuk blog perusahaan. Isinya bermacam-macam, mulai dari berita-berita
terbaru seputar perusahaan (tambah cabang baru, direktur baru, dll) ataupun
sekedar balasan atau keluhan customer.
e. Citizen
Journalism Blog
Alasan mengapa dinamakan Citizen Journalism Blog (blog
jurnalisme warga) adalah karena blog ini merupakan blog gratis yang disediakan
oleh media online komersial.
Contoh popular dari blog jenis ini adalah kompasiana
milik kompas dan blogdetik milik detik.com.
Semua tulisan di blog ini di buat oleh warga biasa.
Tidak ditulis oleh wartawan professional yang bekerja pada media online
tersebut.
2.
Jenis Blog
Berdasarkan Konten
Jenis-jenis blog berdasarkan konten atau isinya dapat
di bagi menjadi dua diantaranya:
a. Niche Blog
Niche blog adalah blog dengan tema spesifik dan
biasanya berisi satu atau beberapa topic tertentu saja.
Contohnya adalah blog tutorial, blog kesehatan, blog
pendidikan, blog download, blog gadget, dan blog tema khusus lainnya.
Blog Niche ini biasanya dibuat dengan tujuan
mengoptimalkan pendapatan dari iklan (adsense, infolinks, dll) karena iklan
yang di tampilkan biasanya relevan dengan konten. Semakin relevan, nilai
per-kliknya makin besar.
b. General blog
General blog adalah blog yang berisi berbagai macam
bahasan di dalamnya. Dalam blog tersebut tidak ada topic/bahasan khusus yang di
angkat.
Namun blog
juga dibagi menjadi 4 jenis berdasarkan format kontennya, antara lain:
1. Phlog atau
photoblog, adalah blog dengan foto sebagai konten utamanya.
2. Vlog atau
video blog, adalah blog yang mayoritas kontenya berupa video
3. Audioblog
adalah blog yang konten utamanya berupa music yang biasanya dapat didownload
dengan bebas.
C. Manfaat blog dalam pembelajaran
Dalam bidang pendidikan misalnya, blog dan e-learning juga bisa
dimanfaatkan sebagai sarana transfer ilmu. Seorang pendidik dan peserta didik
terlebih dahulu seharusnya diperkenalkan terhadap pembelajaran elektronik
sehingga mereka nantinya dapat memanfaatkan kedua aplikasi tersebut secara
maksimal.
A. W. Bates (Bates, 1995) dan K. Wulf (Wulf, 1996) mengemukakan beberapa
manfaat pembelajaran elektronik yakni sebagai berikut:
1)
Meningkatkan kadar interaksi
pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau instruktur (enhance
interactivity). Apabila dirancang secara cermat, pembelajaran elektronik dapat
meningkatkan kadar interaksi pembelajaran, baik antara peserta didik dengan
guru/instruktur, antara sesama peserta didik, maupun antara peserta didik
dengan bahan belajar (enhance interactivity). Berbeda halnya dengan
pembelajaran yang bersifat konvensional. Tidak semua Peserta didik dalam
kegiatan pembelajaran konvensional dapat, berani atau mempunyai kesempatan
untuk mengajukan pertanyaan ataupun menyampaikan pendapatnya di dalam diskusi.
Mengapa? Karena pada pembelajaran yang bersifat konvensional, kesempatan yang
ada atau yang disediakan dosen/guru/instruktur untuk berdiskusi atau bertanya
jawab sangat terbatas. Biasanya kesempatan yang terbatas ini juga cenderung
didominasi oleh beberapa Peserta didik yang cepat tanggap dan berani. Keadaan
yang demikian ini tidak akan terjadi pada pembelajaran elektronik. Peserta
didik yang malu maupun yang ragu-ragu atau kurang berani mempunyai peluang yang
luas untuk mengajukan pertanyaan maupun menyampaikan pernyataan/pendapat tanpa
merasa diawasi atau mendapat tekanan dari teman sekelas (Loftus, 2001).
2)
Memungkinkan terjadinya interaksi
pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility). Mengingat
sumber belajar yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses
oleh peserta didik melalui internet, maka peserta didik dapat melakukan
interaksi dengan sumber belajar ini kapan saja dan dari mana saja (Dowling,
2002). Demikian juga dengan tugas-tugas kegiatan pembelajaran, dapat diserahkan
kepada instruktur begitu selesai dikerjakan. Tidak perlu menunggu sampai ada
janji untuk bertemu dengan guru/instruktur. Peserta didik tidak terikat ketat
dengan waktu dan tempat penyelenggaraan kegiatan pembelajaran sebagaimana
halnya pada pendidikan konvensional. Dalam kaitan ini, Universitas Terbuka
Inggris telah memanfaatkan internet sebagai metode/media penyajian materi.
Sedangkan di Universitas Terbuka Indonesia (UT), penggunaan internet untuk
kegiatan pembelajaran telah dikembangkan. Pada tahap awal, penggunaan internet
di UT masih terbatas untuk kegiatan tutorial saja atau yang disebut sebagai
“tutorial elektronik” (Anggoro, 2001).
3)
Menjangkau peserta didik dalam
cakupan yang luas (potential to reach global audience). Dengan fleksibilitas
waktu dan tempat, maka jumlah peserta didik yang dapat dijangkau melalui
kegiatan pembelajaran elektronik semakin lebih banyak atau meluas. Ruang dan
tempat serta waktu tidak lagi menjadi hambatan. Siapa saja, di mana saja, dan
kapan saja, seseorang dapat belajar. Interaksi dengan sumber belajar dilakukan
melalui internet. Kesempata belajar benar-benar terbuka lebar bagi siapa saja
yang membutuhkan.
4)
Mempermudah penyempurnaan dan
penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as well as archivable
capabilities). Fasilitasyang tersedia dalam teknologi internet dan berbagai
perangkat lunak yang terus berkembang turut membantu mempermudah pengembangan
bahan belajar elektronik. Demikian juga dengan penyempurnaan atau pemutakhiran
bahan belajar sesuai dengan tuntutan perkembangan materi keilmuannya dapat
dilakukan secara Periodic dan mudah. Di samping itu, penyempurnaan metode
penyajian materi pembelajaran dapat pula dilakukan, baik yang didasarkan atas
umpan balik dari peserta didik maupun atas hasil penilaian instruktur selaku
penanggung jawab atau pembina materi pembelajaran itu sendiri. Pengetahuan dan
keterampilan untuk pengembangan bahan belajar elektronik ini perlu dikuasai
terlebih dahulu oleh instruktur yang akan mengembangkan bahan belajar
elektronik. Demikian juga dengan pengelolaan kegiatan pembelajarannya sendiri.
Harus ada komitmen dari instruktur yang akan memantau perkembangan kegiatan
belajar peserta didiknya dan sekaligus secara teratur memotivasi peserta
didiknya.
Dalam pembelajaran bahasa Asing, blog dan e-learning memiliki peranan
tersendiri. Selain sebagai sarana mencari informasi blog dan e-learning juga
memiliki kegunaan atau manfaat yang lain, misalnya:
1.
Dalam keterampilan berbicara
misalnya, meskipun tidak memungkinkan adanya Percakapan secara tatap muka atau
langsung, namun pemanfaatan blog dan e-learning masih memungkinkan adanya
percakapan secara tidak langsung. Dalam blog pribadinya seseorang dapat
memposting tulisan tertentu dan hal tersebut bisa saja memungkinkan terjadinya
percakapan antara si author blog dengan si pembaca tulisannya yang biasanya
dapat dijumpai di kolom komentar. Begitu pula dengan e-learning, aplikasi
tersebut juga memungkinkan terjalinnya percakapan antara pendidik dan peserta
didik secara tidak langsung.
2.
Melalui blog dan e-learning
seseorang dapat mengembangkan kemampuan menulisnya. Misalnya dengan memposting
karya tulisnya yang ia tulis menggunakan bahasa Asing dan membaginya kepada
publik. Selain bermanfaat untuk memberi informasi kepada khalayak umum, hal
tersebut juga dapat melatih keterampilan menulis seseorang.
3.
Adanya blog dan e-learning dapat
mempersingkat waktu dan memudahkan pembelajaran. Seorang pendidik bisa dengan
mudah memberikan tugas kepada peserta didik melalui e-learning atau blog
pribadinya kemudian peserta didik tinggal mengakses aplikasi tersebut untuk
mengerjakannya.
4.
Melalui blog khususnya, seseorang
tidak hanya dapat berinteraksi dengan orang lain Dalam satu negara, melainkan
juga dengan mereka yang berbeda negara. Dengan demikian hal tersebut juga dapat
melatih penguasaan bahasa Asing di antara keduanya.
5.
Melalui blog dan e-learning
seseorang dapat memperoleh informasi secara cepat dan dalam jumlah yang banyak
entah itu informasi yang berhubungan dengan pembelajaran atau yang lain.
6.
Melalui blog seorang pelajar bahasa
Asing juga dapat mengembangkan Kemampuan membaca dan menyimaknya dengan cara
mengakse beberapa teks bacaan atau audio, video yang diposting melalui blog
tersebut.
D. Kelebihan dan kekurangan blog
1.
Kelebihan blog
Selain
karena sifatnya yang ada dalam jaringan internet, beberapa kelebihan dari blog
lainya adalah sifatnya berdiri sendiri sebagai media, selain itu blog juga
cenderung non-formal dalam penggunaan bahasa yang dipakainya.
Blog
memungkinkan terjadinya iteraktifitas antara sumber dengan penerima informasi.
Informasi yang disampaikan akan langsung direspon, ditambahi, dikoreksi dan
diperkaya oleh orang lain. Oleh karena itu, suatu topik mungkin bisa menjadi
lebih menarik dengan adanya diskusi antara blooger dengan pengunjung weblognya.
Selain
itu blog juga mempunyai kelebihan tersendiri yang mungkin menarik bagi
setiappenggunanya.Dari sudut pandang Psikologi sesuai dengan core
competence-nya, Mas Octave Ken Manungkarjono, penulis artikel tersebut
mengatakan ada 4 hal yang membuktikan bahwa ngeBlog itu adalah aktivitas yang
mencerdaskan otak kita.
a.
membuat Blog itu merangsang otak.
b.
Blog suatu proses pembelajaran.
c.
Blog itu melatih interaksi social.
2.
Kekurangan blog
Beberapa
kekurangan blog diantaranya adalah :
a.
Rentan terkena virus, hacker atau
spywere.
b.
Blog juga kurang sentuhan manusiawi,
mudah disalahgunakan fungsinya, dan tulisan yang ada di dalam blog kurang dapat
dipertanggungjawabkan.
Blog
rawan akan copy paste.
DAFTAR PUSTAKA
https://sudana3307.wordpress.com/2012/07/16/pemanfaatan-website-sebagai-media-pembelajaran-bahasa-inggris/
Terimakasih kak ...
BalasHapusIndah wulandari
1811500021
Terima kasih kak ilmunya
BalasHapusSaya Ica Santika
Nim : 1811500023
Kunjungi website saya https://ica.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
Dan kunjungi juga website kampus saya
http://www.atmaluhur.ac.id
Terima kasih kak ilmunya
BalasHapusSaya Desy Purnama
Nim : 1811500040
Kunjungi website saya https://desy.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
Dan kunjungi juga website kampus saya
http://www.atmaluhur.ac.id
Saya :indah wulandari
BalasHapusNim:1811500021
Website saya
https://gokundi.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
Dan website kampus saya
http://www.atmaluhur.ac.id
Terimakasih
Terimakasih kak.artikel dan pembahasan nya sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas kuliah.
BalasHapusNama: winderi Ardianti
Nim:1811500020
Kunjungi website saya
Http://winderi.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
Dan kunjungi juga website kampus saya
Http://www.atmaluhur.ac.id
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusartikelnya sangat bagus dan membantu saya dalam mengerjakan tugas kuliah, terimakasih atas informasinya..
BalasHapusNama : Rismalina
NIM : 1811500059
artikelnya sangat bagus dan membantu saya dalam mengerjakan tugas kuliah,
BalasHapusTerimakasih..
Nama : Nofiatul Hasanah
NIM : 1811500063