Cari Blog Ini

Laman

Selasa, 25 Oktober 2016

Pemanfaatan Microsoft Office Pada Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran





PEMANFAATAN MICROSOFT OFFICE PADA MEDIA SOSIAL PEMBELAJARAN

Microsoft Office untuk Windows dimulai pada bulan Oktober 1990 sebagai paket dari tiga aplikasi yang dirancang untuk Microsoft Windows 3.0: Microsoft Word untuk Windows 1.1, Microsoft Excel untuk Windows 2.0, dan Microsoft PowerPoint untuk Windows 2.0.
Kemudian setelah Microsoft Office populer, pada tahun 1995 Microsoft meluncurkan kembali aplikasi perkantoran ini dengan versi 1995 bersama dengan OS Windows 95-nya. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operasi komputer pada saat itu. Sejalan dengan pekembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang pesat dan semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer di dunia, termasuk di Indonesia.

Sampai pada tahun 2000-an Microsoft sudah meluncurkan beberapa versi Microsoft Office dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern.
Beberapa versi dari Microsoft Office yang masih banyak digunakan saat ini antara lain Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002), Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007 dan yang terakhir sampai sekarang adalah Microsoft Office 2010.
A.    Pengertian Media Pembelajaran
Kata media berasal dari bahasa Latin medius yang secara harfiah berarti ‘tengah’, ‘perantara’ atau ‘pengantar’. Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia media diartikan sebagai alat, sarana komunikasi spt koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk. Media juga berarti perantara, penghubung untuk menyampaikan sesuatu.
Kata media merupakan bentuk jamak dari kata medium. Medium dapat didifinisaikan sebagai perantara atau pengantar terjadinya komunikasi dari pengirim menuju penerima ( Heinich et. Al, 2002; Ibrahrim, 1997; Ibrahim et al., 2001). Media merupakan salah satu komponen komunikasi, yaitu sebagai pembawa pesan dari komunikator menuju komunikan (Criticos, 1996). Bersadarkan Definisi tersebut, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran merupakan sarana perantara dalam proses pembelajaran.
Menurut Kemp (1975), karakteristik sebuah media pembelajaran merupakan dasar pemilihan media sesuai dengan situasi belajar tertentu. Dia juga mengatakan, bahwa pengetahuan mengenai kekurangan dan kelebihan tertentu yang dimiliki oleh sebuah media pembelajaran, adalah sesuatu yang sangat penting diketahui oleh para tenaga pendidik.

B.     Paket Aplikasi Microsoft Office

Adapun paket aplikasi yang terdapat pada program Microsoft Office yaitu sebagai berikut :
1.      Microsoft Word
Aplikasi Microsoft Word termasuk aplikasi yang sering digunakan, aplikasi ini berfungsi untuk mengolah kata, contoh file yang bisa dibuat dengan Microsoft Word yaitu: surat, laporan, makalah, artikel, tabel, skripsi dan lain-lain
a.      Kelebihan Microsoft Office Word.
·         Word dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing.
·         Fasilitas lebih lengkap dari versi sebelumnya.
·         Pada tampilan menu ‘INSERT’, menu picture, clipart, dll dilengkapi dengan gambar -gambar dengan ukuran yang sedikit besar dan berwarna yang membuat tampilannya kelihatan lebih menarik.
·         Terdapat menu ‘REFERENCES’ yang sebelumnya tidak terdapat pada Microsoft Word 2003. Pada menu ini terdapat cara untuk memudahkan membuat daftar pustaka, daftar isi atau sebagainya.
b.      Kekurangan Microsoft Office Word.
·         Perubahan design yang drastis sehingga mengharuskan pengguna baru untuk mempelajari lagi dan membutuhkan waktu hingga terbiasa.
·         Relatif berat, terutama di mesin yang pas-pasan.
2.      Microsoft Excel
Aplikasi Microsoft Excel adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengolah angka/data dan disajikan dalam bentuk tabel atau grafik, aplikasi menyediakan fitur rumus yang dapat melakukan perhitungan secara otomatis, biasanya aplikasi ini digunakan oleh akuntan dalam membuat laporan keuangan.
a.      Kelebihan Microsoft Office Excel.
·         Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan.
·         Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel.


b.    Kekurangan Microsoft Office Excel.
·         Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.
·         Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
·         Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text.
3.      Microsoft Powerpoint
Aplikasi Microsoft Powerpoint adalah aplikasi yang berfungsi untuk membuat slide presentasi, dimana slide presentasi tersebut dapat ditampilkan melalui infokus dan dapat diprint dalam bentuk hangout, aplikasi ini juga menyediakan fitur animasi yang dapat membuat presentasi anda menjadi lebih menarik.
·         Fungsi Microsoft Power Point
Fungsi dari Microsoft PowerPoint atau program presentasi adalah untuk pengajar atau pembicara seminar yang biasanya membahas materi untuk dipresentasikan. Microsoft PowerPoint dapat juga digunakan untuk membantu merancang dan menyajikan presentasi. Presentasi yang dibuat dapat berisi tampilan teks maupun grafis yang terbagi dalam slide.
a.      Kelebihan Microsoft Office PowerPoint.
·         Penyajiannya menarik karena ada permainan warna, huruf dan animasi,baikanimasi teks maupun animasi gambar atau foto.
·         Lebih merangsang anak untuk mengetahui lebih jauh informasi tentangbahan ajaryang tersaji.
·         Pesan informasi secara visual mudah dipahami peserta didik.
b.      Kekurangan Microsoft Office PowerPoint.
·         Harus ada persiapan yang cukup menyita waktu dan tenaga.
·         Jika yang digunakan untuk presentasi di kelas adalah PC, maka para pendidik harusdirepotkan oleh pengangkutan dan penyimpanan PCtersebut.
4.      Microsoft Access
Aplikasi Microsoft Access adalah aplikasi yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah yang berbasis data komputer rasional yang berfungsi membuat memo, laporan, surat, merancang fax, brosur, tabel, dan masih banyak lagi.
a.      Kelebihan Microsoft Access.
·         Salah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari perspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL). Para pengguna dapat mencampurkan dan menggunakan kedua jenis bahasa tersebut (VBA dan Macro) untuk memprogram form dan logika dan juga untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek.
b.      Kekurangan Microsoft Access.
·         Microsoft Access kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien atau server.
C.    Syarat-syarat media yang baik adalah sebagai berikut:
1.      Media harus bisa meningkatkan motivasi belajar
2.      Penggunaan media memberikan tujuan memotivasi belajar kepada siswa
3.      Selain itu juga media hars bisa merangsang siswa untuk mengingat apa yang sudah dipelajari.
4.      Media yang baik juga akan mengaktifkan pembelajaran dalam memberikan tanggapan umpan balik dan dorongan kepada siswa untuk melakukan praktek-praktek yang benar.
a.       Penggunaan Media Pembelajaran.
Proses belajar mengajar merupakan proses komunikasi. Kegiatan belajar mengajar di kelas merupakan suatu dunia komunikasi tersendiri dimana guru dan siswa bertukar pikiran untuk mengembangkan pengetahuan di dalam komunikasi sering terjadi penyimpangan sehingga komunikasi tersebut kurang efektif dan tidak efisien yang antara lain disebabkan oleh adanya ketidaksiapan siswa, kurang minat siswa dan tidak menyenangkan di dalam proses belajar mengajar.
Salah satu usaha untuk mengatasi keadaan tersebut dengan menggunakan media di dalam proses belajar mengajar. Mengingat bahwa fungsi media dalam proses ini sebagai penyaji stimulus dan juga untuk meningkatkan penerimaan informasi.
5.      Media mempuyai nilai-nilai praktis sebagai berikut :
a.       Media dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki siswa.
Pengalaman masing-masing siswa tidak sama di dalam kehidupan keluarga dan masyarakat sangat menentukan macam pengalaman yang dimiliki siswa. Dua anak yang hidup di dua lingkungan yang berbeda akan mempuyai pengalaman yang berbeda pula. Dalam hal ini media dapat mengatasi perbedaan ini.
b.      Media dapat mengatasi ruangan kelas
Banyak hal yang sukar untuk dialami secara langsung oleh beberapa siswa di dalam kelas, seperti obyek yang terlalu besar atau terlalu kecil, gerakan-gerakan yang akan diamati terlalu cepat. Melalui media kesukaran di atas dapat diatasi.
c.       Media memungkinkan adanya interaksi langsung dengan lingkungan.
Pengetahuan yang diperoleh siswa akan secara bersama-sama berkembang dari segi pengamatan. Misalnya saja mengenai pembelajaran Candi Borobudur sekolah yang berasal dari desa maupun yang dari kota perolehan ilmu yang akan diperoleh sama. Tidak ada perbedaan yang jauh karena menggunakan media yang sama.
d.      Media dapat menghasilkan keseragaman
Pengamatan yang dilakukan oleh siswa dapat secara bersama-sama diarahkan kepada hal-hal yang dapat dianggap penting sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
e.       Media dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkret, dan realitas.
Penggunaan media seperti gambar, film, model, dan lainnya dapat memberikan konsep dasar yang benar karena media tersebut memberikan informasi



f.       Media dapat membangkitkan keinginan dan minat baru
Dengan menggunakan media, pengetahuan siswa bertambah luas, persepsi semakin tajam dan konsep-konsep dengan sendirinya semakin lengkap. Akibatnya keinginan dan minat baru untuk belajar selalu timbul.
g.      Media dapat membangkitkan motivasi dan merangsang siswa untuk belajar.
Pemasangan gambar di papan tulis, pemutaran film dan mendengarkan program audio, dapat menimbukan rangsangan-rangsangan tertentu ke arah keinginan untuk belajar.
Media dapat memberikan pengalaman yang integral dari yang konkret sampai yang abstrak integral sendiri memiliki arti satu kesatuan, dengan demikian pembelajaran bersifat kesatuan.
h.      Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran.
Media adalah salah satu sarana untuk meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar. Tetapi perlu diingat akan adanya beraneka ragaman serta masing-masing media mempuyai karakteristik sendiri oleh karena itu guru harus dengan cermat memilih sarana yang paling tepat.
Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan di dalam memilih media dengan tujuan yang hendak dicapai, ketepatgunaan, keadaan siswa, dan biaya .
D.    Tujuan Penggunaan Media
Media yang kita pilih hendaknya menunjang tujuan pengajaran yang telah dirumuskan. Masalah tujuan ini adalah kriteria yang paling pokok, sedangkan yang lainnya merupakan kelengkapan dari kriteria utama ini. Karena kriteria-kriteria yang lain hanyalah sebagai penjabaran dari tujuan di dalam mengunakan media.
Bila tujuan pengajaran itu agar siswa dapat melafalkan kata-kata dengan baik, maka audio yang paling tepat, tapi tujuannya agar siswa dapat memahami isi bacaan, maka media cetak yang lebih tepat.
a.       Ketepatgunaan Penggunaan Media
Menggunakan media sesuai dengan fungsinya, sehingga di dalam penggunaan alat tepat misalnya saja di dalam materi yang dipelajari adalah bagian-bagian yang penting dari suatu benda, maka gambar seperti bagan, dapat digunakan. Sedangkan kalau yang dipelajari adalah aspek-aspek yang menyangkut gerak, maka media film atau video lebih tepat.
b.      Keadaan Siswa
Di dalam menyampaikan materi pokok yang menggunakan media hendaknya guru lebih memperhatikan dalam pemilihan materi karena kesenjangan lingkungan juga dapat mempengaruhi. Misalnya saja guru di Kalimantan menjelaskan tentang alat transportasi kereta api maka tidak mungkin disana ada kereta api, maka kita hendaknya membawa miniatur atau sebuah program media yang mungkin cocok untuk tujuan tersebut. Disamping kemampuan-kemampuan dan kesiapan siswa kita yang akan mempergunakan media, besar kecilnya kelompok juga mempengaruhi peggunaan media.
c.       Biaya Penggunaan Media
Kriteria yang tidak kalah pentingnya adalah masalah biaya. Biaya yang hendaknya seimbang dengan hasil yang dicapai. Apa bila dengan media yang lebih sederhana dapat dipergunakan lebih baik menggunakan media yang sederhana saja apa bila tujuan sudah dapat terpenuhi.
DAFTAR PUSTAKA

Deni Darmawan. 2001. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

http://www.it-jurnal.com/2014/08/manfaat-komputer-dalam-dunia-pendidikan.html
Krajka, Jarek. 2007. Using the Internet in ESL Writing Instruction. http://iteslj.org/ Techniques/Krajka-WritingUsingNet.html.
Nasution, S. (2012). Teknologi Pendidikan. Cetakan Ke-7. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nugroho, Yanuar. (2004). Memilih dan Menggunakan Komputer.Cetakan Ke-6. Jakarta: Puspa Swara, Anggota IKAPI.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ARTIKEL PENGGUNAAN MICROSOFT WORD 2007Posting Artikel ke wordpress dengan MS Word 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar