PEMANFAATAN MICROSOFT OFFICE PADA MEDIA
SOSIAL PEMBELAJARAN
Microsoft Office untuk Windows dimulai pada bulan Oktober
1990 sebagai paket dari tiga aplikasi yang dirancang untuk Microsoft Windows
3.0: Microsoft Word untuk Windows 1.1, Microsoft Excel untuk Windows 2.0, dan
Microsoft PowerPoint untuk Windows 2.0.
Kemudian setelah Microsoft Office populer, pada tahun 1995
Microsoft meluncurkan kembali aplikasi perkantoran ini dengan versi 1995
bersama dengan OS Windows 95-nya. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak
total Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup
signifikan dalam sejarah sistem operasi komputer pada saat itu. Sejalan dengan
pekembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office sendiri terus
berkembang pesat dan semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh
sebagian besar masyarakat komputer di dunia, termasuk di Indonesia.
Sampai pada tahun 2000-an Microsoft sudah meluncurkan
beberapa versi Microsoft Office dan sampai saat ini masih tetap digunakan
sebagai andalan aplikasi perkantoran modern.
Beberapa versi dari Microsoft Office yang masih banyak
digunakan saat ini antara lain Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP
(2002), Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007 dan yang terakhir sampai
sekarang adalah Microsoft Office 2010.
A. Pengertian
Media Pembelajaran
Kata media berasal dari bahasa Latin medius yang secara
harfiah berarti ‘tengah’, ‘perantara’ atau ‘pengantar’. Dalam kamus Besar
Bahasa Indonesia media diartikan sebagai alat, sarana komunikasi spt koran,
majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk. Media juga berarti
perantara, penghubung untuk menyampaikan sesuatu.
Kata media merupakan bentuk jamak dari kata medium. Medium
dapat didifinisaikan sebagai perantara atau pengantar terjadinya komunikasi
dari pengirim menuju penerima ( Heinich et. Al, 2002; Ibrahrim, 1997; Ibrahim
et al., 2001). Media merupakan salah satu komponen komunikasi, yaitu sebagai
pembawa pesan dari komunikator menuju komunikan (Criticos, 1996). Bersadarkan
Definisi tersebut, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran merupakan sarana
perantara dalam proses pembelajaran.
Menurut Kemp (1975), karakteristik sebuah media
pembelajaran merupakan dasar pemilihan media sesuai dengan situasi belajar
tertentu. Dia juga mengatakan, bahwa pengetahuan mengenai kekurangan dan
kelebihan tertentu yang dimiliki oleh sebuah media pembelajaran, adalah sesuatu
yang sangat penting diketahui oleh para tenaga pendidik.
B. Paket Aplikasi Microsoft Office
Adapun paket aplikasi yang terdapat pada
program Microsoft Office yaitu sebagai berikut :
1. Microsoft Word
Aplikasi Microsoft Word termasuk aplikasi
yang sering digunakan, aplikasi ini berfungsi untuk mengolah kata, contoh file
yang bisa dibuat dengan Microsoft Word yaitu: surat, laporan, makalah, artikel,
tabel, skripsi dan lain-lain
a.
Kelebihan Microsoft Office Word.
·
Word dilengkapi tool dasar untuk
desktop publishing.
·
Fasilitas lebih lengkap dari versi
sebelumnya.
·
Pada tampilan menu ‘INSERT’, menu
picture, clipart, dll dilengkapi dengan gambar -gambar dengan ukuran yang
sedikit besar dan berwarna yang membuat tampilannya kelihatan lebih menarik.
·
Terdapat menu ‘REFERENCES’ yang
sebelumnya tidak terdapat pada Microsoft Word 2003. Pada menu ini terdapat cara
untuk memudahkan membuat daftar pustaka, daftar isi atau sebagainya.
b.
Kekurangan Microsoft Office Word.
·
Perubahan design yang drastis
sehingga mengharuskan pengguna baru untuk mempelajari lagi dan membutuhkan
waktu hingga terbiasa.
·
Relatif berat, terutama di mesin
yang pas-pasan.
2. Microsoft Excel
Aplikasi Microsoft Excel adalah aplikasi
yang berfungsi untuk mengolah angka/data dan disajikan dalam bentuk tabel atau
grafik, aplikasi menyediakan fitur rumus yang dapat melakukan perhitungan
secara otomatis, biasanya aplikasi ini digunakan oleh akuntan dalam membuat
laporan keuangan.
a.
Kelebihan Microsoft Office Excel.
·
Mempunyai kemampuan menampung data
yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam
1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan.
·
Microsoft excel mempunyai Format
yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada
fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel.
b.
Kekurangan Microsoft Office Excel.
·
Software pengolah angka ini berbayar
atau tidak gratis.
·
Aplikasi ini memerlukan banyak
memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
·
Untuk membuat kolom baru yang berisi
pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter
responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun
text.
3. Microsoft Powerpoint
Aplikasi Microsoft Powerpoint adalah
aplikasi yang berfungsi untuk membuat slide presentasi, dimana slide presentasi
tersebut dapat ditampilkan melalui infokus dan dapat diprint dalam bentuk
hangout, aplikasi ini juga menyediakan fitur animasi yang dapat membuat
presentasi anda menjadi lebih menarik.
·
Fungsi Microsoft Power Point
Fungsi dari Microsoft PowerPoint atau program
presentasi adalah untuk pengajar atau pembicara seminar yang biasanya membahas
materi untuk dipresentasikan. Microsoft PowerPoint dapat juga digunakan
untuk membantu merancang dan menyajikan presentasi. Presentasi yang dibuat
dapat berisi tampilan teks maupun grafis yang terbagi dalam slide.
a. Kelebihan Microsoft Office
PowerPoint.
·
Penyajiannya menarik karena ada
permainan warna, huruf dan animasi,baikanimasi teks maupun animasi gambar atau
foto.
·
Lebih merangsang anak untuk
mengetahui lebih jauh informasi tentangbahan ajaryang tersaji.
·
Pesan informasi secara visual mudah
dipahami peserta didik.
b. Kekurangan
Microsoft Office PowerPoint.
·
Harus ada persiapan yang cukup
menyita waktu dan tenaga.
·
Jika yang digunakan untuk presentasi
di kelas adalah PC, maka para pendidik harusdirepotkan oleh pengangkutan dan
penyimpanan PCtersebut.
4. Microsoft Access
Aplikasi Microsoft Access adalah aplikasi
yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah yang
berbasis data komputer rasional yang berfungsi membuat memo, laporan, surat,
merancang fax, brosur, tabel, dan masih banyak lagi.
a. Kelebihan Microsoft Access.
·
Salah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari
perspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman
Structured Query Language (SQL). Para pengguna dapat mencampurkan dan
menggunakan kedua jenis bahasa tersebut (VBA dan Macro) untuk memprogram form
dan logika dan juga untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek.
b. Kekurangan Microsoft Access.
·
Microsoft Access kurang begitu bagus
jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh
banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang
bersifat klien atau server.
C. Syarat-syarat
media yang baik adalah sebagai berikut:
1. Media
harus bisa meningkatkan motivasi belajar
2. Penggunaan
media memberikan tujuan memotivasi belajar kepada siswa
3. Selain
itu juga media hars bisa merangsang siswa untuk mengingat apa yang sudah
dipelajari.
4. Media
yang baik juga akan mengaktifkan pembelajaran dalam memberikan tanggapan umpan
balik dan dorongan kepada siswa untuk melakukan praktek-praktek yang benar.
a. Penggunaan Media Pembelajaran.
Proses
belajar mengajar merupakan proses komunikasi. Kegiatan belajar mengajar di
kelas merupakan suatu dunia komunikasi tersendiri dimana guru dan siswa
bertukar pikiran untuk mengembangkan pengetahuan di dalam komunikasi sering
terjadi penyimpangan sehingga komunikasi tersebut kurang efektif dan tidak
efisien yang antara lain disebabkan oleh adanya ketidaksiapan siswa, kurang
minat siswa dan tidak menyenangkan di dalam proses belajar mengajar.
Salah
satu usaha untuk mengatasi keadaan tersebut dengan menggunakan media di dalam
proses belajar mengajar. Mengingat bahwa fungsi media dalam proses ini sebagai
penyaji stimulus dan juga untuk meningkatkan penerimaan informasi.
5. Media mempuyai nilai-nilai praktis
sebagai berikut :
a. Media dapat mengatasi keterbatasan
pengalaman yang dimiliki siswa.
Pengalaman
masing-masing siswa tidak sama di dalam kehidupan keluarga dan masyarakat
sangat menentukan macam pengalaman yang dimiliki siswa. Dua anak yang hidup di
dua lingkungan yang berbeda akan mempuyai pengalaman yang berbeda pula. Dalam
hal ini media dapat mengatasi perbedaan ini.
b. Media dapat mengatasi ruangan kelas
Banyak hal yang sukar untuk dialami secara langsung oleh
beberapa siswa di dalam kelas, seperti obyek yang terlalu besar atau terlalu
kecil, gerakan-gerakan yang akan diamati terlalu cepat. Melalui media kesukaran
di atas dapat diatasi.
c. Media memungkinkan adanya interaksi
langsung dengan lingkungan.
Pengetahuan yang diperoleh siswa akan secara bersama-sama
berkembang dari segi pengamatan. Misalnya saja mengenai pembelajaran Candi
Borobudur sekolah yang berasal dari desa maupun yang dari kota perolehan ilmu
yang akan diperoleh sama. Tidak ada perbedaan yang jauh karena menggunakan
media yang sama.
d. Media dapat menghasilkan keseragaman
Pengamatan yang dilakukan oleh siswa dapat secara
bersama-sama diarahkan kepada hal-hal yang dapat dianggap penting sesuai dengan
tujuan yang ingin dicapai.
e. Media dapat menanamkan konsep dasar
yang benar, konkret, dan realitas.
Penggunaan media seperti gambar, film, model, dan lainnya
dapat memberikan konsep dasar yang benar karena media tersebut memberikan
informasi
f. Media dapat membangkitkan keinginan
dan minat baru
Dengan menggunakan media, pengetahuan siswa bertambah luas,
persepsi semakin tajam dan konsep-konsep dengan sendirinya semakin lengkap.
Akibatnya keinginan dan minat baru untuk belajar selalu timbul.
g. Media dapat membangkitkan motivasi
dan merangsang siswa untuk belajar.
Pemasangan
gambar di papan tulis, pemutaran film dan mendengarkan program audio, dapat
menimbukan rangsangan-rangsangan tertentu ke arah keinginan untuk belajar.
Media
dapat memberikan pengalaman yang integral dari yang konkret sampai yang abstrak
integral sendiri memiliki arti satu kesatuan, dengan demikian pembelajaran
bersifat kesatuan.
h. Kriteria Pemilihan Media
Pembelajaran.
Media
adalah salah satu sarana untuk meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar. Tetapi
perlu diingat akan adanya beraneka ragaman serta masing-masing media mempuyai
karakteristik sendiri oleh karena itu guru harus dengan cermat memilih sarana
yang paling tepat.
Adapun
beberapa hal yang perlu diperhatikan di dalam memilih media dengan tujuan yang
hendak dicapai, ketepatgunaan, keadaan siswa, dan biaya .
D. Tujuan
Penggunaan Media
Media
yang kita pilih hendaknya menunjang tujuan pengajaran yang telah dirumuskan.
Masalah tujuan ini adalah kriteria yang paling pokok, sedangkan yang lainnya
merupakan kelengkapan dari kriteria utama ini. Karena kriteria-kriteria yang
lain hanyalah sebagai penjabaran dari tujuan di dalam mengunakan media.
Bila
tujuan pengajaran itu agar siswa dapat melafalkan kata-kata dengan baik, maka
audio yang paling tepat, tapi tujuannya agar siswa dapat memahami isi bacaan,
maka media cetak yang lebih tepat.
a. Ketepatgunaan Penggunaan Media
Menggunakan
media sesuai dengan fungsinya, sehingga di dalam penggunaan alat tepat misalnya
saja di dalam materi yang dipelajari adalah bagian-bagian yang penting dari
suatu benda, maka gambar seperti bagan, dapat digunakan. Sedangkan kalau yang
dipelajari adalah aspek-aspek yang menyangkut gerak, maka media film atau video
lebih tepat.
b. Keadaan Siswa
Di
dalam menyampaikan materi pokok yang menggunakan media hendaknya guru lebih
memperhatikan dalam pemilihan materi karena kesenjangan lingkungan juga dapat
mempengaruhi. Misalnya saja guru di Kalimantan menjelaskan tentang alat
transportasi kereta api maka tidak mungkin disana ada kereta api, maka kita
hendaknya membawa miniatur atau sebuah program media yang mungkin cocok untuk
tujuan tersebut. Disamping kemampuan-kemampuan dan kesiapan siswa kita yang
akan mempergunakan media, besar kecilnya kelompok juga mempengaruhi peggunaan
media.
c. Biaya Penggunaan Media
Kriteria yang tidak kalah pentingnya adalah masalah biaya.
Biaya yang hendaknya seimbang dengan hasil yang dicapai. Apa bila dengan media
yang lebih sederhana dapat dipergunakan lebih baik menggunakan media yang
sederhana saja apa bila tujuan sudah dapat terpenuhi.
DAFTAR
PUSTAKA
Deni Darmawan. 2001. Teknologi
Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
http://www.it-jurnal.com/2014/08/manfaat-komputer-dalam-dunia-pendidikan.html
http://www.it-jurnal.com/2014/08/manfaat-komputer-dalam-dunia-pendidikan.html
Krajka,
Jarek. 2007. Using the Internet in ESL Writing Instruction.
http://iteslj.org/ Techniques/Krajka-WritingUsingNet.html.
Nasution, S. (2012). Teknologi
Pendidikan. Cetakan Ke-7. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nugroho, Yanuar. (2004). Memilih dan
Menggunakan Komputer.Cetakan Ke-6. Jakarta: Puspa Swara, Anggota IKAPI.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ARTIKEL PENGGUNAAN MICROSOFT WORD
2007Posting Artikel ke wordpress dengan MS Word 2007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar